Pages

Minggu, 11 Desember 2011

Ranjang Tertua di Dunia Ternyata Dilengkapi Obat Pembasmi Nyamuk


Baru-baru ini ilmuwan di Afrika Utara menemukan ranjang tertua di dunia yang diperkirakan berusia 77.000 tahun. Yang menarik, ranjang itu ditemukan bersama obat pembasmi nyamuk. 

Para ilmuwan ini pun berpendapat bahwa manusia ternyata berusaha membuat dirinya nyaman saat tidur sejak ribuan tahun lalu. Terbukti dengan adanya obat nyamuk tersebut. Selain itu mereka juga menyimpulkan manusia jaman dahulu ternyata telah mengerti tentang obat-obatan, terutama yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. 

"Pemilihan dedaunan ini yang ditaruh diatas ranjang menunjukkan manusia jaman dahulu ternyata sudah mempunyai pengetahuan mendalam tentang obat-obatan," ujar Professor Lyn Wadley, dari University of the Witwatersrand, Afrika. Ternyata tumbuh-tumbuhan tersebut biasa digunakan untuk mengusir nyamuk oleh mereka. 

Dr Christopher Miller pun ikut menjelaskan cara-cara yang dilakukan manusia purba tersebut untuk mengusir nyamuk. "Mereka menyalakan daun di ranjang tersebut untuk mengusir hama seperti nyamuk," pungkasnya. Ternyata kebiasaan manusia purba tak jauh berbeda dengan masyarakat jaman sekarang bukan?

Tidak ada komentar: