Pages

Rabu, 28 Desember 2011

10 Proyek Menabjubkan dari Sel Surya

Sebuah bikini yang dapat menghidupkan sebuah iPod dan ransel yang mencharge telepon selular adalah hanya dua contoh yang lebih eksentrik produk bertenaga surya dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

"Kebanyakan rumah tangga atau peralatan portabel beroperasi pada tegangan rendah persyaratan DC, yang sesuai dengan yang dihasilkan tenaga surya," kata Douglas Halliday, seorang ahli tenaga surya Institut Energi di University Durham, di Inggris.

Jika produk-produk seperti televisi, pemutar DVD, jam alarm dan pengisi daya ponsel-ponsel dapat disesuaikan untuk memenuhi daya sebagian dari kebutuhan peralatan tersebut melalui built-in panel surya, "penghematan energi secara keseluruhan bisa sangat signifikan," katanya.
Halliday menjelaskan bahwa sebagai teknologi surya berkembang dan menjadi lebih efisien, kemungkinan untuk mengembangkan solusi surya jenis baru dan kreatif kemungkinan juga akan meningkat - termasuk potensi untuk menggabungkan tenaga surya menjadi pakaian.

Hal ini akan berhasil, ia menyatakan, dengan menggabungkan sel surya film tipis dengan bahan pakaian untuk membuat pakaian yang menghasilkan listrik ketika terkena sinar matahari.
Dengan ini pada saatnya dapat membuat orang menyalakan perangkat elektronik portabel kecil, seperti iPod, ponsel atau laptop, sementara mereka bergerak.


Ini edisi terbatas bikini panel surya yang dirilis oleh desainer berbasis di New York Andrew Schneider pakaian pada musim panas 2011. Alat ini dapat menyuplai daya gadget elektronik kecil seperti iPod dan kamera melalui port USB yang tersembunyi dalam lapisan dalamnya. Pengguna bahkan dapat berenang sambil mengenakan perangkat tetapi sepenuhnya harus kering sebelum digunakan untuk mengisi daya.


Ini ransel surya yang dilengkapi dengan baterai lithium yang memiliki kapasitas untuk pengisian daya ponsel, MP3 player dan perangkat elektronik kecil saat bepergian. Konsep serupa juga telah dikembangkan untuk mengisi komputer laptop dalam beberapa tahun terakhir.


Sebuah model prototipe dari sebuah ponsel bertenaga surya yang diproduksi oleh Sharp Jepang. Meski masih dalam tahap awal, teknologi telepon surya yang juga telah dieksplorasi oleh Samsung, yang merilis ponsel Blue Earth - yang mencakup panel surya yang terintegrasi yang menyediakan daya baterai - pada tahun 2009.

Dari Argentina, aktris dan aktivis Greenpeace Barbara Torres menggunakan besi yang didukung oleh baterai surya. 



Oven surya telah terbukti menjadi perangkat yang berharga bagi masyarakat pedesaan di negara berkembang yang terlalu jauh untuk menerima pasokan gas atau listrik. Sejumlah perusahaan sekarang mengkhususkan diri dalam memproduksi perangkat dan bahkan telah menciptakan model yang lebih kompleks, seperti panggangan barbeque surya.

Pesawat Solar Impulse dilengkapi dengan 12.000 sel surya yang menyuplai daya baling-baling yang elektrik. Hal itu membuat penerbangan pertama internasional (antara Prancis dan Belgia) pada Mei 2011 dan merupakan pesawat pertama yang dapat terbang tanpa bahan bakar baik pada siang hari dan pada malam hari.

Sebuah warnet seluler bertenaga surya dibuat dari kontainer bekas merupakan bagian dari inisiatif untuk menyebarkan akses informasi di daerah pedesaan Kenya. Proyek ini telah berjalan sejak 2010 dan menghasilkan semua listrik nya melalui serangkaian panel surya di atapnya.

"Explorer Afghanistan" adalah sebuah robot mobile bertenaga surya yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology. Perangkat ini dirancang untuk mempraktikkan unsur-unsur pelaporan jurnalistik di lingkungan perbatasan perang Afghanistan.

Pohon Natal Rockefeller ikonik di New York City tampak lebih spektakuler dari biasanya. Pusat perayaan yang telah diberi cahaya tahun ini dengan 30.000 lampu LED didukung oleh generator surya 70 kilowatt di atas plaza Rockefeller.

Lemari es surya Mitticool dikembangkan dan diluncurkan oleh insinyur India, Mansukhbhai Prajapati pada tahun 2006. Terbuat dari tanah liat, perangkat berjalan sepenuhnya pada tenaga surya dan dapat menyimpan item makanan segar sampai lima hari. Sebuah penemuan yang berharga bagi masyarakat pedesaan tanpa akses ke listrik.

Tidak ada komentar: