Pages

Rabu, 04 Januari 2012

Ungguli Apple, Huawei Jadi Smartphone Vendor Terpopuler di China


Ungguli Apple, Huawei Jadi Smartphone Vendor Terpopuler di China
Mengakhiri 2011 Huawei berhasil mengungguli Apple sebagai produsen smartphone terpopuler di China. Sementara Huawei menempati posisi pertama, Apple harus terlempar ke posisi tiga.

Dari laporan Reuters, Apple mengalami kemerosotan drastis pada kuartal ketiga 2011 dengan menguasai posisi keempat di pasar smartphone China. Dalam dua tahun terakhir penguasaan Apple di pasar smartphone China berkembang pesat tapi tidak menjelang akhir 2011. Munculnya banyak Android smartphone di pasar China menjadikan iPhone harus mengalami penurunan posisi. Selain itu keputusan Apple untuk tidak membuat versi iPhone yang bisa dijalankan pada TD-SCDMA network milik China Mobile juga menjadi faktor turunnya ketertarikan masyarakat China terhadap iPhone.

Keputusan Apple untuk tidak mengembangkan iPhone dengan dukungan TD-SCDMA untuk China Mobile sementara China Mobile adalah operator selular terbesar di China dengan 600 juta pelanggan menjadi awal ketidak-populeran iPhone di negara tersebut. Di sisi lain, produsen smartphone lainnya justru berlomba-lomba memberikan sebanyak mungkin dukungan untuk standar mobile yang dipakai di China. Rekan Apple saat ini, China Unicom, memiliki pengguna jauh lebih kecil dari China Telecom dengan hanya 192,4 juta pelanggan.



Terlepas dari tidak adanya versi iPhone untuk operator terbesar di China, pada kenyataannya konsumen smartphone China sangat mempengaruhi perkembangan pasar smartphone di seluruh dunia. Penguasaan Apple di pasar smartphone turun menjadi 10,4% pada kuartal ketiga dari 13,3% di kuartal sebelumnya. Sementara itu Huawei sebagai produsen lokal China mengalami lonjakan menjadi 11% dari 7,3% di kuartal ketiga 2011. Huawei yang mengusung Android smartphone mengalami kemenangan besar di China meskipun hubungan Google dan pemerintah China tidak cukup baik. Selain itu tingginya harga iPhone juga semakin memicu merosotnya pamor iPhone di negara tersebut. Akibatnya, produsen lokal seperti Huawei dan ZTE yang menjadikan Android sebagai platform utama di produk mereka, mendapatkan simpati luar biasa dari publik China.



Tapi bukan berarti iPhone sama sekali tidak diminati masyarakat China. Lima Apple Stores yang ada di Shanghai dan Beijing tetap menjadi tempat favorit bagi Apple fans. Bahkan Apple Store palsu juga ramai dikunjungi

Tidak ada komentar: