Pages

Rabu, 04 Januari 2012

Password Huruf dan Angka Tak Lagi Digunakan di 2017


Prediksi tahunan yang biasa diumumkan IMB kembali diberikan awal tahun ini. Lima prediksi di dunia teknologi diberikan IBM untuk lima tahun mendatang atau di tahun 2017.

Salah satu prediksi yang dibuat IBM adalah tentang penggunaan password. Anda tahu setiap akun yang Anda miliki pastinya memerlukan password. Untuk itu seringkali Anda membuat password yang benar-benar unik hingga terkadang Anda sendiri tidak bisa mengingatnya.

Menurut IBM, tidak banyak yang berubah di lima tahun mendatang. Untuk pengamanan komputer Anda akan tetap membutuhkan password dan user name untuk login ke dalam system. Saat ini telah ada perusahaan, seperti EyeNet Watch, yang menggunakan fingerprint recognition software sebagai password login tetapi metode semacam itu jarang digunakan untuk publik secara umum.

Untuk mengatasi repotnya mengingat password beragam akun, IBM tengah mengembangkan sebuah teknologi yang mampu menampilkan definisi wajah, scan mata, file suara bahkan juga DNA yang bisa dipakai sebagai secure login untuk berbagai akun yang Anda miliki.

Tujuan IBM menciptakan teknologi itu adalah untuk mengganti penggunaan huruf dan angka untuk password keamanan yang masih dipakai saat ini. Dengan memakai tools berdasar milik pribadi Anda (wajah, mata, DNA, dll), signin ke komputer, ATM, Facebook, Twitter dan akun lain akan lebih terjamin keamanannya.

Teknologi yang dikembangkan IBM itu tampaknya memerlukan ongkos yang cukup tinggi hingga bisa samapai ke tangan publik. Bisa jadi pula teknologi semacam itu terwujud tapi hanya terbatas digunakan pada perusahaan teknologi dan security.

Tidak ada komentar: