Pages

Kamis, 05 Januari 2012

2014, Mobil Nasional Tercipta

Sejak diangkat menjadi menteri perindustrian, Mohamad S Hidayat mengaku diminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendorong inovasi teknologi otomotif dengan menciptakan mobil nasional. Ini perlu dilakukan bertahap. Paling tidak, tahun 2014 mobil nasional sebagaimana dicita-citakan pemerintah akan tercipta.

Keyakinan itu disampaikan Menteri Perindustrian MS Hidayat kepada Kompas di Jakarta, Rabu (4/1/2012) malam. Ungkapan tersebut disampaikan setelah Wali Kota Solo Joko Widodo menunjukkan mobil Kiat Esemka berkapasitas mesin 1.500 cc yang kini dipergunakan sebagai mobil dinasnya.

Hidayat tidak ingin menumpulkan motivasi putra bangsa Indonesia yang sudah berupaya keras menghasilkan produk dalam negeri ini. Pemerintah sudah melihat berbagai produk mobil dalam negeri, seperti Gea, Tawon, dan Digdaya. Semua harus didukung secara penuh oleh berbagai pihak.

Hidayat memandang pembuatan protipe tidak bisa dibandingkan dengan cara produksi massal yang sesuai standar. Infrastruktur pendukung perlu terlebih dahulu dipersiapkan.

Tidak ada komentar: