Pages

Minggu, 19 Februari 2012

Oasis Mikroba Ada di Gurun Atacama


 Ilmuwan berhasil mengungkap keberadaan mikroba penyuka garam di bawah permukaan tanah Gurun Atacama, Chile, salah satu wilayah kering di dunia. 

Untuk menemukannya, ilmuwan menggunakan SOLID (Sign of Life Detector) yang sebenarnya dikembangkan untuk misi Mars. Gurun Atacama dianggap cukup bisa mewakili wilayah Mars.

Victor Parro, peneliti dari Spanish Center for Astrobiology, seperti dikutip Livescience Jumat (17/2/2012), mengatakan bahwa ada oasis mikroba pada tanah kedalaman 2-3 meter.

Dengan menganalisis sampel kurang dari 0,5 gram, ilmuwan menemukan bakteri, mikroba jenis archaea serta material biologis seperti DNA yang menjadi dasar kehidupan.

Sampel tanah kaya akan batuan garam, disebut halite, dan senyawa yang menyerap air. Film cairan terbentuk di atas batuan lewat proses yang disebut deliquescence, memberi air pada mikroba.

Ilmuwan percaya, air yang menyerap garam seperti di Gurun Atacama juga terdapat di Mars. Life Detecting Sensor (LDChip) pada SOLID akan digunakan untuk menunjukkannya. Hasil penelitian Parror dan rekan ini dipublikasikan di jurnal Astrobiology.

Tidak ada komentar: