Pages

Senin, 27 Februari 2012

Festival Budaya Digelar di Kawasan Kota Tua

Festival Budaya Digelar di Kawasan Kota Tua
Festival Budaya yang digelar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Ahad (26/2), memiliki arti yang cukup mendalam. Hardy Stefanus, Ketua Gema INTI yang merupakan penggagas acara tersebut, menjelaskan, kegiatan yang bertemakan "Pelangi Nusantara" ini, merupakan sebuah kritikan terhadap negara dan pemerintahan yang dinilai sudah tidak lagi mengedepankan pluralisme sebagai ke perjalanan kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

"Berawal kegelisahan melihat kondisi negara yang mulai tidak plural ini, jadi kita ingin menampilkan festifal budaya yang sangat plural seperti ini," kata Herdy pada Liputan6.com.

Karena itu, festival diselenggarakan dengan tujuan agar masyarakat memahami bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural yang hidup dengan keanekaragaman budaya dan agama.

"Kita tampilkan budaya-budaya yang sangat plural. Mulai dari tari-tarian Bali, Sumatra, Sulawesi, tarian etnis Tionghoa, dan budaya lain," jelasnya.

Dalam acara ini, Gema INTI bekerjasama dengan kumpulan Komunitas Sahabat Kota Tua (SAKATA). Festival diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pentas seni budaya, aneka jajanan dan kuliner. Kemudian ada lomba mewarnai untuk anak-anak, pertunjukan Art Performance dan talkshow mengenai Kota Tua.(IAN).

Tidak ada komentar: