Pages

Jumat, 09 Maret 2012

Wow! Ada Belut Raksasa di Desa Waai, Ambon

Belut di Kolam Wiselaka (sumber: teguhgigoaryanto.wordpress.com)
Kalau biasanya Anda melihat belut yang kecil dan langsing, Ambon punya yang lebih besar. Tak tanggung-tanggung, besarnya menyerupai batang pohon kelapa. Penasaran? Datang saja ke kolam Wiselaka di Desa Waai, Ambon.

Memasuki area Wiselaka, mungkin Anda tidak akan yakin kalau ini adalah kawasan wisata, karena tak terpampang nama objek wisata di papan pintu masuk. Tapi cobalah untuk masuk, Anda akan menemukan sebuah kolam yang tak biasa.

Kolam Wiselaka terkenal dengan airnya yang jernih dan menjadi habitat belut raksasa atau morea. Belut ini memang bisa dibilang raksasa karena ukurannya yang tidak wajar.

Morea di kolam Wiselaka ini mencapai 1,5 meter dengan lebar menyerupai batang pohon kelapa. Biasanya, morea bersembunyi di balik bebatuan kolam. Untuk memancingnya keluar, penduduk menggunakan telur. Uniknya, hanya satu tokoh masyarakat yang bisa memancingnya keluar.

Bila dihitung, jumlah keseluruhan morea yang ada di kolam Wiselaka mencapai 100 ekor. Beberapa sudah dijinakkan, bahkan jika Anda yang kebetulan melihat saat belut ini keluar, juga bisa ikut memegangnya.

Nah, untuk para pengunjung yang datang, ada mitos yang dipercaya masyarakat Desa Waai. Jika ada pengunjung yang bisa melihat belut ini keluar, maka mereka akan mendapat keberuntungan.

Menurut penduduk sekitar, konon ratusan tahun lalu ada tombak sakti yang dilemparkan dari Pegunungan Salahutu. Tombak tersebut menancap di kolam Waiselaka, sejak saat itu morea hidup di sana.

Kolam Wiselaka tidak hanya menyajikan fenomena belut raksasa, tetapi juga lingkungan yang masih asri. Rindangnya pepohonan membuat kawasan ini terasa sejuk. Duduk-duduk santai di pinggir kolam sambil menikmati aktivitas masyarakat sekitar merupakan hal yang sering dilakukan pengunjung.

Tidak ada komentar: