Pages

Sabtu, 19 November 2011

gagang pintu pembersih tangan


The Hygiene Handle (dok: dailymail) Winchester, Penyebaran infeksi di rumah sakit terbilang tinggi, salah satu pencegahannya adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Tapi sayangnya masih sedikit yang melakukannya. Kini ada pegangan pintu yang disertai gel steril untuk membunuh kuman saat ditarik.

Pegangan pintu steril ini dinamakan The Hygiene Handle yang memiliki 23 titik-titik tekanan yang akan melepaskan gel pembersih tangan ketika ditarik untuk membuka pintu. Hal ini karena menjaga tangan tetap bersih adalah cara paling dasar untuk menghentikan infeksi dan penyebarannya.

Matt Roberts (31 tahun) yang menemukan alat ini telah melakukan ujicoba di dua rumah sakit dan ia berharap penemuannya ini bisa diluncurkan secara nasional. Ide ini muncul ketika ia datang ke rumah sakit sebagai pengunjung dan melihat tidak banyak orang yang menggunakan hand sanitizer yang dipasang di dinding.

"Gel pembersih tangan sudah diperkenalkan di rumah sakit di seluruh dunia pada tahun 2002 untuk mencegah infeksi lingkungan. Tapi masih sedikit orang yang menggunakannya," ujar Matt, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (7/11/2011).

Matt menuturkan di rumah sakit ada banyak poster yang menyerukan orang untuk hidup bersih salah satunya dengan menggunakan hand sanitizer, tapi sayangnya tidak semua orang memperhatikan dan mempraktekkan hal tersebut.

Alat ini telah diujicobakan pada Queen Alexandra Hospital di Cosham dan Royal Hampshire County Hospital di Winchester. Hasil ujicoba ini cukup baik dan positif, di beberapa daerah terjadi peningkatan hingga 7 kali lebih banyak orang yang mencuci tangan.

"Banyak orang yang tidak menyadari bahwa bakteri berbahaya bisa ada dimana-mana, karenanya sangat penting menemukan cara untuk menghentikan dan mencegah bakteri ini masuk ke rumah sakit yang mana ada pasien yang rentan terhadap infeksi," ujar Matthew Richardson dari Queen Alexandra Hospital.

The Hygiene Handle merupakan alat baru sederhana tapi brilian yang bisa digunakan oleh staf rumah sakit, pasien dan pengunjung untuk membersihkan tangannya sehingga bisa membantu melindungi pasien dan mengurangi infeksi.

Tidak ada komentar: