Pages

Minggu, 20 November 2011

5 tips mudah shalat malam


 
Tentu sebagai muslim, alangkah lebih baik bila kita bisa menyempurnakan ibadah dengan shalat malam sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, walaupun ini sifatnya sunnah.
Sudah banyak yang mengupas keutamaan shalat malam. Lebih banyak manfaatnya, walaupun terbilang berat. Bagaimana tidak, sementara jutaan manusia terlelap di waktu malam hingga pagi, kita malah merelakan sebagian malam untuk bangun dan bersujud kepadaNya.
Saya terus terang saja senang dengan materi ini. Sudah agak lama shalat malam bolong-bolong. Kalau bangun ya shalat, walau banyak baru bangun waktu subuh meski alarm sudah berbunyi 1 jam sebelum subuh. Mudah-mudahan ke depan bisa konsisten shalat malam.
Nah, menurut pemaparan ustad kemarin ada 5 hal yang bisa memudahkan kita untuk bangun dan melaksanakan shalat malam. Apa saja kelima hal ini? 

1. Mengurangi Makan

Terlalu banyak makan tidak baik untuk kesehatan. Yang ada kita jadi mengantuk dan malas melakukan apa-apa. Teori ini didukung pula oleh dunia medis. Apalagi kalau yang kita makan makanan yang tidak bergizi, yang ada malah hanya akan merusak tubuh. Saya makin sadar akan pentingnya menjaga pola makan yang sehat, saat intensif melakukan program diet untuk kesehatan.
Nah, biar tubuh sehat sekaligus malam bisa bangun dengan mudah coba porsi makanannya dikurangi. Jangan berlebihan, terutama di malam hari. Kalau bisa malah sebaiknya makanan yang bergizi. Rasulullah sendiri mencontohkan untuk membagi 3 isi perut kita. Sepertiga untuk makanan, sepertiga minuman, dan sepertiganya lagi udara. Jadi bukan dipenuhi atau didominasi makanan melulu.

2. Mengatur Ritme Kerja

Untuk poin no.2 ini, kita dituntut untuk bisa memanage diri dalam melakukan pekerjaan di siang hari. Diupayakan semaksimal mungkin untuk mengatur ritme kerja agar tidak terlalu lelah di malam hari. Capek bekerja itu wajar, tapi kalau kelewat lelah biasanya kita membutuhkan istirahat ekstra dan ini menyebabkan sulit bangun di malam hari untuk melaksanakan shalat malam.
mengatur ritme kerja
mengatur ritme kerja

3. Istirahat di Waktu Siang

Dimana pun kita bekerja, pasti ada waktu untuk beristirahat di siang hari. Waktu istirahat ini pergunakan untuk benar-benar beristirahat. Kalau bisa tidur meskipun itu sejenak (15-30 menit). Biasanya kalau sudah tidur, bangun jadi lebih fresh dan bersemangat kembali melakukan aktivitas.
Tapi jangan lupa, tidurnya di siang hari diniatkan agar malam punya energi lebih untuk bangun dan shalat malam. Dengan tidur siang sejenak, kita jadi tidak terlalu kelelahan saat pulang kerja. Banyak para pekerja yang tidur siang di waktu istirahat, namun tidak diniatkan untuk memudahkan bangun malam. Ya rugi jadinya.

4. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Dosa dan Maksiat

Hati itu tadinya bersih. Saat kita berbuat dosa, maka perlahan-lahan hati tertutup oleh belenggu-belenggu hitam yang menjauhkan kita dari rahmat dan hidayah Allah. Akan sulit bagi mereka yang suka melaksanakan dosa untuk bisa rutin menegakkan ibadah. Yang biasa saja sulit, apalagi yang plus plus seperti shalat malam, kecuali mereka bertaubat.
“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.” (QS.29 : 45)
Ayat ini kemudian oleh para ulama dinyatakan berlaku sebaliknya. Bila kita sering berbuat keji dan mungkar, akan sulit untuk melaksanakan ibadah-ibadah kepada Allah. Kalaupun benar masih shalat, shalatnya kosong. Hanya sekedar rutinitas tanpa makna. Karena dalam shalat ada nilai-nilai yang ketika ditegakkan dan diaplikasikan ke dalam kehidupan, benar-benar akan menjaga perilaku kita dalam garis yang benar.
Jadi di waktu siang, jagalah perbuatan kita. Jauhkan diri dari perbuatan dosa. Agar terbuka pintu rahmat dan hidayah Allah yang membuat kita lebih bersemangat melaksanakan ibadah di malam hari dan semakin mendekatkan diri kepada Allah.

5. Membersihkan Hati

Terakhir, agar mudah untuk bangun melaksanakan shalat malam bersihkan hati kita dari segala macam penyakit hati. Iri, dengki, sombong, dll, buang semua. Lagipula penyakit-penyakit hati ini hanya akan membuat hidup kita jadi tidak tenang.
menjaga hati
jagalah dan bersihkan selalu hati kita
Cara membersihkan penyakit hati?
Pernah dengar lagunya Opick yang judulnya “Tombo Ati” (obat hati)? Ini dia 5 perkara yang bisa membantu kita membersihkan hati :
  • Baca Al-Qur’an dan maknanya
  • Dirikan shalat malam
  • Berkumpullah dengan orang-orang shaleh
  • Perbanyak berpuasa
  • Perbanyak dzikir malam
Nah, itu saja 5 hal yang bisa memudahkan kita untuk bangun dan melaksanakan shalat malam yang saya tangkap dari hasil khotbah kemarin.Saya mau menambahkan satu poin lagi.
Jangan lupa berdoa sebelum tidur, dan minta kepada Allah untuk dibangunkan agar bisa melaksanakan shalat malam. Begitu sudah bangun, biasanya masih males-malesan ini, jangan diturutin. Baca doa bangun tidur dan langsung bergerak dan ambil air wudhu. Insya Allah lebih segar.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS.17 – 9)

Tidak ada komentar: